Terpikat Pindang Ikan Mas Khas Sunda

Aneka masakan khas Sunda selalu menggoda selera siapapun yang pernah mencobanya, salah satu kuliner khas Sunda yang memikat lidah adalah pindang ikan mas.

Sensasi rasanya yang penuh dengan beragam rempah-rempah seperti jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, dicampur dengan gula merah, dan garam membalut ikan mas dengan durinya yang lunak.

Untuk mendapatkan pindang ikan mas yang berduri lunak serta bumbunya meresap, rahasianya ada pada proses pembuatannya yaitu menggunakan panci tradisional dengan proses pemasakan kurang lebih selama 15 jam dan menggunakan api kecil. Pindang ikan mas yang dibuat secara tradisional bisa bertahan selama tiga hari dalam suhu ruangan, sedangkan jika disimpan di dalam lemari pendingin bisa bertahan sampai tujuh hari.

Menurut sejarahnya proses pemasakan dengan cara pemindangan ini ditujukan untuk mengawetkan masakan berbahan ikan mas, sehingga bisa dimakan dalam beberapa hari setelah dimasak. Tergoda dengan olahan pindang ikan mas khas Sunda, di Kota Bandung banyak restoran khas Sunda yang menyajikan kuliner buhun ini, atau jika sedang senggang mencoba memasak sendiri lebih mantap.(berbagai sumber)