Kemajemukan di Kampung Toleransi

Damai dalam kebhinekaan, itulah yang tersaji di Kampung Toleransi Kota Bandung yang berada di Gang Ruhana RW 02,Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong. Di permukiman penduduk ini terdapat tiga tempat ibadah dari agama yang berbeda.


Di bagian samping mulut gang terdapat Gereja Pantekosta di Indonesia Lengkong Kecil (GPdI LK), sementara di dalam permukiman penduduk berdiri Masjid Al-Amanah dan Vihara Giri Metta. Keharmonisan hidup antar umat beragama, selain dari kokoh berdirinya tempat ibadah dari agama yang berbeda, hal itu terasa dari sikap warga yang terdiri dari berbagai etnis sangat sopan dan santun dalam menerima pengunjung yang datang ke tempat ini.

Sikap toleransi ini, tercermin pula dalam menjaga kebersihan lingkungan di mana tidak ada sampah yang tercecer meskipun di tengah permukiman penduduk yang padat. Malahan, pada bagian awal gang dihiasi dengan mural yang menggambarkan sikap toleransi antar umat beragama dan etnis. Pada bagian atas gang dihiasi dengan lonceng, ketupat, lampion, dan payung.

Angkutan Umum yang Melewati Kampung Toleransi
Angkot Buah Batu - Kebon Kalapa yang menuju Kebon Kalapa
Angkot Cicadas - Elang yang menuju Elang